Selasa, 15 November 2011

Tugas Minggu 6

  1. JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN?
Jawab :
Perbedaan pasar dengan pemasaran yaitu :
Pasar merupakan kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut sebagai permintaan atas barang atau jasa. Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama. Yang mungkin bersedian dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu. Sedangkan Pemasaran adalah proses dimana individu/ kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dengan menyediakan sesuatu kebutuhan, menetapkan harga, mendistribusikan, menawarkan atau mempromosikan dengan mempertukarkan produk serta jasa yang bernilai agar memuaskan pihak lain (konsumen) dan mencapai tujuan individu/ kelompok tersebut.

  1. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
A. JENIS PASAR INDUSTRI
B. PASAR PENJUAL
Jawab :
A.     Jenis pasar industri
·         berdasarkan tempat bahan baku
1. Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar.
Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan.
2. Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
3. Industri fasilitatif adalah industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi.
·         berdasarkan klasifikasi atau penjenisannya
1. Industri kimia dasar
Contoh : seperti industri semen, obat-obatan, kertas, pupuk, dan lain-lain
2. Industri mesin dan logam dasar
Contoh : industri pesawat terbang, kendaraan bermotor, tekstil, dan lain-lain
3. Industri kecil
Contoh : industri roti, kompor minyak, makanan ringan, es.
4. Aneka industri
Contoh : industri pakaian, industri makanan dan minuman, dan lain-lain.

B.     Pasar Penjual :
·         Penjual bunga rampai
·         Penjual kurma
·         Penjual ikan dipasar
·         Penjual berbagai macam jenis jajanan pasar
·         Penjual buah-buahan, sayur mayur, dll

3.      APA  YANG DIMAKSUD KONSEP  INTI  PEMASARAN?
Jawab :
Konsep Inti Pemasaran
·         Kebutuhan manusia (human ned) : keadaan dimana seseorang merasa kehilangan sesuatu.
·         Keinginan manusia (human wants): pola kebutuhan manusia yang dibentuk oleh kebudayaan dan kepribadian individu.
·         Permintaan : keinginan manusia yang didukung daya beli.
·         Produk : segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki, digunakan atau di-konsumsi dan yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan, meliputi obyek2 phisik, jasa, orang, tempat, organisasi dan ide.
·          Nilai dan kepuasan: cara konsumen memilih sebagian besar produk yang memenuhi suatu kebutuhan tertentu dengan membuat pilihan pembelian berdasarkan persepsinya mengenai nilai produk.
·         Pertukaran : tindakan untuk memperoleh obyek yang diingin-kan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.
·         Transaksi : perdagangan antara dua pihak yang melibatkan setidaknya dua benda/hal yang bernilai, syarat-syarat yang disepakati, waktu berlakunya per-janjian dan tempat perjanjian.
·         Hubungan: pemasar yang bijak bekerja untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, distributor, dealer, dan pemasok yang bernilai. Mereka membangun ikatan ekonomi dan sosial yang kuat dengan berjanji dan secara konsisten menyerahkan produk bermutu tinggi, layanan yang baik, dan harga yang wajar.
·         Pasar : himpunan para pembeli aktual dan potensial dari suatu produk.
·         Pemasaran : bekerja dengan pasar untuk mewujudkan per-tukaran demi menawarkan kebutuhan dan keinginan manusia.

4.      SEBUTKAN DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI?
Jawab :
Bauran Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
a. Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c. Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
d. Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
e. Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

5.       SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
Jawab :
Strategi pemasaran modern secara umum terdiri dari tiga tahap yaitu: segmentasi pasar (segmenting), penetapan pasar sasaran (targeting), dan penetapan posisi pasar (positioning).
A.     Segmentasi Pasar (Segmenting)
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Dengan kata lain, segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah.
Perusahaan membagi pasar ke dalam segmen-segmen pasar tertentu di mana masing-masing segmen tersebut bersifat homogen. Perbedaan keinginan dan hasrat konsumen merupakan alasan yang utama untuk diadakannya segmentasi pasar. Jika terdapat bermacam-macam hasrat dan keinginan konsumen, maka perusahaan dapat mendesain suatu produk untuk mengisi suatu heterogenitas keinginan dan hasrat tersebut. Dengan demikian dapat berkreasi dengan suatu penambahan penggunaan yang khusus untuk konsumen dalam segmen yang diinginkan. Konsumen akan mau membayar lebih tinggi terhadap produk yang mereka butuhkan bila mereka menerima berbagai keuntungan dari produk tersebut.

B.  Target Pasar (Targetting)
Target Pasar adalah kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri atau sifat hampir sama (homogen) yang dipilih perusahaan dan yang akan dicapai dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Dengan ditetapkannya target pasar, perusahaan dapat mengembangkan posisi produknya dan strategi bauran pemasaran untuk setiap target pasar tersebut. Target pasar perlu ditetapkan, karena bermanfaat dalam :
1. Mengembangkan posisi produk dan strategi bauran pemasaran.
2. Memudahkan penyesuaian produk yang dipasarkan dan strategi bauran pemasaran yang dijalankan (harga yang
    tepat, saluran distribusi yang efektif, promosi yang tepat) dengan target pasar.
3. Membidik peluang pasar lebih luas, hal ini penting saat memasarkan produk baru.
4. Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas seefisien dan seefektif mungkin
5. Mengantisipasi persaingan dengan mengidentifikasikan bagian pasar yang dapat dilayani secara efektif, perusahaan akan berada pada posisi lebih baik dengan melayani konsumen tertentu dari pasar tersebut.

C.  Diferensiasi dan Positioning
Setelah mengidentifikasi segmen pasar, maka sebuah perusahaan juga harus mengidentifikasi cara-cara spesifik yang dapat mendiferensiasikan produknya dan memilih “competitive positioning”.
Diferensiasi
Diferensiasi adalah tindakan merancang satu set perbedaaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing. Diferensiasi dapat dilakukan melalui lima dimensi berikut ini :
A.       Diferensiasi Produk, membedakan produk utama berdasarkan keistimewaan, kinerja, kesesuaian, daya tahan,keandalan, kemudahan untuk diperbaiki, gaya dan rancangan produk.
B.       Diferensiasi Pelayanan, membedakan pelayanan utama berdasarkan kemudahan pemesanan, pengiriman,
       pemasangan, pelatihan pelanggan, konsultasi pelanggan, pemeliharaan dan perbaikan.
C.      Diferensiasi Personil, membedakan personil perusahaan berdasarkan kemampuan, kesopanan, kredibilitas, dapat diandalkan, cepat tanggap dan komunikasi yang baik.
D.      Diferensiasi Saluran, langkah pembedaan melalui cara membentuk saluran distribusi, jangkauan, keahlian dan kinerja saluran-saluran tersebut.
E.       Diferensiasi Citra, membedakan citra perusahaan berdasarkan perbedaan identitas melalui penetapan posisi, perbedaan lambang dan perbedaan iklan.

 Pemposisian Produk di Pasar (Positioning)
Positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berada dalam benak pelanggan sasarannya. Positioning merupakan elemen yang sangat utama dalam suatu strategi pemasaran. Sebuah perusahaan dapat menentukan posisinya melalui persepsi pelanggan terhadap produknya dan produk pesaingnya sehingga akan dihasilkan peta persepsi. Dengan menggunakan informasi dari peta persepsi itu, dapat dikenali berbagai strategi penentuan posisi antara lain :
A.       Positioning menurut atribut produk “Usaha memposisikan diri menurut atribut produknya”.
B.       Positioning menurut manfaat “Produk diposisikan sebagai pemimpin dalam suatu manfaat tertentu”.
C.      Positioning menurut harga / kualitas ”Produk diposisikan sebagai nilai (harga dan kualitas) terbaik”.
D.      Positioning menurut penggunaan / penerapan ”Usaha memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah penggunaan / penerapan”.
E.       Positioning menurut pemakai ”Usaha memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai”.
F.       Positioning menurut pesaing ”Produk memposisikan diri sebagai lebih baik daripada pesaing utamanya”.
G.      Positioning menurut kategori produk ”Produk diposisikan sebagai pemimpin dalam suatu kategori produk”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar