Sabtu, 05 November 2011

Kemasan Air Mineral yang Menjajikan



BISNIS AIR MINUM DALAM KEMASAN MENJAJIKAN

Bisnis yang akan terus mendapatkan peluang pasar adalah bisnis makanan dan minuman. Berapapun pelaku bisnis selalu mendapatkan konsumen. Bisnis air minum isi ulang juga terus tumbuh dan menembuskan  pasar. Bisnis air minum dalam kemasan (AMKD) pun dapat diterima pasar dan mencari pasar baru tanpa mengganggu jaringan distributor kelas  kakap.
Bagi pemodal besar, hambatan bisnis AMDK bisa dikatakan kecil biaya investasinya tak terlalu mahal. Maka tidak jarang sebuah perusahaan mempunyai lebih dari satu merek. Tujuannya agar bisa masuk pasar seluas mungkin. Penguasaan pasarnya belum merata. Sekitar 70% dari total penjualan AMDK di jawa dan 30% diluar jawa. Sehingga bisnis AMDK masih memberi harapan investor untuk mencetak untung. Jika ada investor mau mendirikan pabrik AMDK, tak perlu khawatir asalkan bisa cari segmen pasar produknya.
Meski pengawasan industry dan perdagangan lebih ketat, ada juga peluang usaha jasa pengisian AMDK dengan pola makloon. Dalam menghadapi persaingan yang ketat, beberapa produsen air minum sudah menawarkan kerjasama dengan pola makloon atau contract manufacturing. Yakni kerjasama  brand owner dan manufacturing dalam memproduksi  dalam memproduksi satu produk. Ada sejumlah syarat wajib memenuhi syarat SNI dan punya Sertifikat Produk Panggunaan Tanda SNI.
Kelayakan usaha jasa pengisian AMDK terutama bergantung besarnya penjualan produksinya dari waktu ke waktu, selain tentu permodalan, sarana produksi, mutu produk, harga produk dan lain-lain. Makanya bagi produsen baru dalam perdagangan AMDK, membuka daerah pasar baru lebih baik dilakukan ketimbang konvesional yang sudah dikuasai oleh  produsen-produsen lama dan handal.
Mungkin anda baru mau mulai  usaha itu? perizinan bergantung skala usahanya. Apakah besar menengah atau kecil. Kalau skalanya nasional tentu perizinannya  nasional. Jika skalanya lokal, perizinannya cukup dari Pemda setempat. Langkah-langkah yang perlu diambil antara lain : a) Mencari business plan AMDK-nya: b) menghubungi perusahaan pemasok dan pemasang instalasi mesin AMDK, Tanya hal teknis dan biayanya. Jika cocok, minta mereka manginstalasi mesinnya di ruko yang telah disiapkan. Minta dilatih cara mengoperasikannya sampai bisa: c) temukan  supplier botol dan label berharga murah, tapi baik buat meraka sendiri.  Paten mereknya diurus ke dinas HAKI.




1 komentar:

  1. Mbak, yang dimaksud dengan skala lokal itu bagaimana & cara mengurus perizinan yang skalanya lokal saja juga bagaimana...? mohon informasinya. tks

    BalasHapus