Nama Anggota :
1. Meilia theolifanny (24211396)
2. Rafika Sophia (25211750)
3. Selly Sepriyani (26211661)
4. Susinarti (26211962)
5. Yossi idawardani (27211586)
Kelas 1-EB20
Soal !
1. SEBUTKAN FUNGSI MANAJEMEN DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA ?
Jawab :
Fungsi manajemen terbagi menjadi 5 yaitu :
a. Planning (Perencanaan)
Merupakan proses kegiatan pemikiran, dugaan dan penenruan prioritas-prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya.
b. Organizing (pengorganisasian)
Proses penyusunan pembagian kerja kedalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan orang yang menduduki fungsi_fungsinya tersebut secara tepat.
c. Directing (Pengarahan)
Mengarah bawahan, sehingga pimpinan secara manusiawi bisa mengikat bawahan untuk bekerja sama secara sukarela menyumbangkan tenaganya seefisien dan seefektif mungkin untuk mencapai tujuan organisasi.
d. Coordinating (Pengkoordinasian)
Agar terdapat komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan sehingga tercapai tujuan organisasi.
e. Controlling (Pengawasan)
Perbaikkan-perbaikkan yang perlu di lakukan jika terjadi penyimpangan pelaksanaan dari perencanaan.
Manfaat dengan adanya fungsi manajemen adalah dapat merencang segala sesuatu yang sebelum kita dilakukan dengan cara memplaning tujuan dari rencana yang kita mau buat serta dapat manage kondisi dan keadaan dari rancana yang sebelum dilakukan.
2. APA CIRI MANAJER PROFESIONAL BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YANG BERKAITAN DENGAN :
a. HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
b. INFORMASI
c. PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Jawab :
a. Berkaitan dengan hubungan pribadi
· Pemimpin Lambang (Figurehead)
Kepala simbolis: diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang besifat sosial dan legal.
· Pemimpin (Leader)
Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan bawahan, bertanggung jawab untuk mengisi posisi yang kosong, melatih tugas-tugas yang terkait.
· Penghubung (Liaison)
Memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dan informasi.
b. Berkaitan dengan Informasi
· Pemantau (Monitor)
Sebagai saraf pusat informasi internal dan eksternal tentang organisasi.
· Penyebar (Dissiminator)
Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi.
· Jurubicara (Spokesperson)
Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi.
c. Berkaitan dengan pengambilan keputusan
· Wirausaha (Entreprenuer)
Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek-proyek perbaikan” untuk menimbulkan perubahan.
· Pengendali Gangguan (Disturbance Handler)
Bertanggung jawab atas tindakan kolektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
· Pengalokasi Sumber Daya (Resouces Allocator)
Bertanggung Jawab terhadap alokasi sumber daya organisasi.
· Perunding (Negotiator)
Mewakili organisasi pada perundingan-perundingan utama.
3. SEBUTKAN BENTUK – BENTUK ORGANISASI DAN PENGERTIANNYA SECARA SINGKAT ?
Jawab :
a. Organisasi Lini
Gagasan wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan dan bawahan.
Ciri-cirinya:
· Jumlah karyawan sedikit
· Manajer di bawahnya hanya sebagai pelaksana
· Sarana dan alatnya terbatas
· Hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung
· Bentuk lini pada perusahaan perorangan, pemilik perusahaan adalah top manager
b. Organisasi Fungsional
Wewenang dari pimpinan tertinggi di limpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk di kerjakan pada pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.
Ciri-cirinya:
· Organisasi kecil
· Terdapat kelompok kerja staff ahli
· Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
· Target yang hendak di capai jelas dan pasti
· Pengawasan tegas
c. Organisasi Garis dan Staff
Pelimpahan wewenang secara vertikal dari pimpinan ke kepala bagian di bawahnya serta masing-masing pejabat, manajer di tempatkan satu atau pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasihat. Misalnya: kearsipan, keuangan, personel.
Ciri-cirinya:
· Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya langsung
· Karyawan banyak
· Organisai besar
· Ada 2 kelompok kerja organisasi sehingga di tekankan
d. Organisasi Fungsional dan Garis
Wewenang dari pimpinan tertinggi di limpahkan kepada kepala bagian di bawahnya yang mempunyai keahlian tertentu sehingga sebagian di limpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.
Ciri-cirinya:
· Tidak tampak perbedaan tugas pokok dan bantuan
· Spealisasi praktis pada pejabat fungsional
· Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon
e. Organisasi Matrik
Disebut juga sebagai organisasi menunjukan di mana para spesialis yang punya keterampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan di kumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan proyek yang harus di selesaikan.
f. Organisasi Komite
Tugas kepemimpinan dan tugas tertentu di laksanakan secara kolektif dan kelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan plurastic manajemen.
Terdiri dari:
· Executive Committee (Pimpinan Komite)
· Anggotanya mempunyai wewenang lini
· Staff Committee, orang-orang yang mempunyai wewenang staff
Tidak ada komentar:
Posting Komentar