Tugas Pengantar Bisnis 2
Meilia theolifanny(24211396)
Rafika sophia(25211750)
Selly sepriyani(26211661)
Susinarti(26211962)
Yossi idawardani(27211586)
Kelas : 1EB20
1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA) UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
2. BERILAH MASING – MASING SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
3. SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
4. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN
5. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
6. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER ORIENTED APPROACH
Jawaban :
1. a. Pertama memerlukan sejumlah MODAL, yaitu barang-barang atau peralatan yang dapat di gunakan untuk faktor produksi. Dan juga uang yang dipakai untuk mendirikan sebuah UKM, berasal dari pribadi\individu atau dari pinjaman bank.
b. Yang kedua adalah TENAGA KERJA, tenaga kerja adalah faktor produksi yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan sebuah kegiatan produksi. Berdasarkan kualitas, tenaga kerja kerja dibagi menjadi 3, yaitu:
1. Tenaga kerja terdidik
2. Tenaga kerja terampil
3. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih
c. Selanjutnya adalah MATERIAL, material termasuk tanah, air, dan bahan-bahan mentah yang berasal dari sumber-sumber di alam semesta.
d. Dan yang terakhir adalah METODE, inisiatif produktif, ide-ide kreatif untuk menghasilkan sebuah barang dan jasa, pengambilan keputusan, dan berani menanggung segala resiko.
2. a. Berdasarkan alam
v Perusahaan tambang aspal di Buton (Kep. Riau)
v Perusahaan tambang gas di Bontang (Kalimantan Timur)
v Perusahaan tambang emas di Cikotok (Jawa Barat)
v Perusahaan tambang batubara (Samarinda)
v Pertamina (Babelan)
b. Berdasarkan Sejarah
v Perusahaan Udang (Cirebon)
v Usaha pendidikan (Yogyakarta)
v Pengrajin Batik (Solo)
v Pengrajin Batik (Pekalongan)
v Pengrajin Patung (Bali)
c. Berdasarkan Pemerintah
v Kawasan Industri JABABEKA Cikarang
v Kawasan Industri Pulogadung
v Perusahaan Besi Baja Krakatau Steel
v PT. Dirgantara (Bandung)
v PAL (Surabaya)
d. Berdasarkan Faktor Ekonomi
v Perusahaan pengolahan kayu Inhutani (Juata)
v Perusahaan tambang emas Freeport (Papua)
v Perusahaan Listrik Negara Gajahmungkur (Wonogiri)
v Perusahaan Semen Gresik (Gresik)
v Perusahaan Kertas Bekasi Teguh (Bekasi)
3. a. tujuan secara sosial : keinginan investor, karyawan, penyedia faktor-faktor produksi dan masyarakat.
b. tujuan secara ekonomi : laba-pelanggan-pengembangan kebutuhan masyarakat dalam hal produk, kualitas, harga kuantitas, waktu pelayanan kegunaan, inovatif berkesinambungan, comparative advantage dan competitive advantage (berdaya saing tinggi dan dalam jangka panjang)
4. Lingkungan eksternal berada di luar perusahaan sedangkan lingkungan internal berada di dalam perusahaan
a. Lingkungan eksternal :
• Memiliki dua variabel yakni peluang (opportunity) dan acaman (threats),
• Terdiri dari dua bagian yaitu lingkungan tugas dan lingkungan umum.
• Memiliki dua variabel yakni peluang (opportunity) dan acaman (threats),
• Terdiri dari dua bagian yaitu lingkungan tugas dan lingkungan umum.
b. Lingkungan internal :
• Memiliki dua variabel yakni kekuatan (strength)dan kelemahan (weakness),
• Mencakup semua unsur bisnis yang ada di dalam perusahaan seperti struktur organisasi perusahaan, budaya perusahaan dan sumber daya.
• Memiliki dua variabel yakni kekuatan (strength)dan kelemahan (weakness),
• Mencakup semua unsur bisnis yang ada di dalam perusahaan seperti struktur organisasi perusahaan, budaya perusahaan dan sumber daya.
5. Pengaruhnya dalam perusahaan :
v Ekologi : Seperti pencemaran udara, pencemaran air dan sampah dalam perusahaan.
v Ekonomi : Urbanisasi, Pertambahan penduduk, Pajak, dan lainnya.
v Sosial : Kriminalitas dan Pengangguran.
v Politik : Pertahanan keamanan.
v Hukum : Keputusan dan transaksi perusahaan.
6. a. Producer oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
b. Consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar